Tips menghilangkan Kantuk dan Bosan


Namanya bekerja di kantor, ada kalanya rasa kantuk dan bosan hinggap tanpa tahu waktu. Bisa siang hari setelah makan siang, atau bahkan di pagi hari gara-gara tidur terlalu malam. Berikut 10 tips menghilangkan kantuk dan rasa bosan berdasarkan pengalaman penulis:

Pertama,
kalau otak sudah buntu menghadapi pekerjaan, buka saja situs-situs favorit (yang tak diblokir IT kantor selama jam kerja, tentunya). Sekedar membaca kisah-kisah lucu, berita santai atau bolehlah blog walking. Sangat tidak disarankan untuk membaca berita-berita serius agar tak menambah stres. Boleh juga mencuri waktu dengan chatting via YM dengan teman. Kebetulan di kantor saya untuk membahas pekerjaan pun sering dilakukan melalui YM, sering untuk komunikasi dengan orang-orang di proyek yang kadang ada di pelosok daerah, namun kadang malah untuk chat dengan teman meja sebelah.

Kedua,
ngobrol dengan partner kerja di meja sebelah. Pertamanya sih ngobrolin soal kerjaan, lama-lama bisa merembet ke arah lain. Biasanya kalau sudah mengobrol dan tertawa-tawa, ngantuk jadi hilang deh. Tentu saja, ini baru bisa dilakukan bila boss tak mengawasi.

Ketiga,
kalau bosan mengobrol dengan rekan kerja sebelah, bisa saja Sahabat menganggu teman lain yang mungkin juga baru dilanda kebosanan via telepon, baik telepon extensi maupun via HP. Rencanakan acara jalan-jalan atau nonton film komedi. Sekalian untuk cuci mata lah.

Keempat,
kalau rekan kerja atau teman lain sibuk, Sahabat bisa main ke pantry alias dapur kantor. Rekan kerja saya, terutama Bapak-bapak, biasa “masuk dapur” untuk merokok karena di kantor tidak boleh merokok sembarangan sedangkan tempat merokok yang sudah disediakan dianggap terlalu jauh. Saya sendiri biasa “masuk dapur” kantor untuk mengobrol dengan teman yang kebetulan ada di situ. Paling tidak saya bisa menemukan ogey (office girl) yang selalu bersikap ramah pada saya. Ngobrol-ngobrol santai sambil makan camilan dan kadang juga ada minuman teh manis. Yah, komunikasi yang perlu dijalin di kantor kan bukan hanya dengan sesama pegawai saja?!

Kelima,
saya punya tempat rahasia untuk mengobrol dengan Sahabat dekat yang kebetulan bekerja di lantai lain. Jadilah, bila kami ingin mengobrol rahasia tanpa orang lain tau (berhubung di kantor sudah terkenal dengan istilah dindingpun bertelinga), kami pergi ke pertengahan tangga darurat. Jadi semisal saya ada di lantai 8 dan Sahabat saya ada di lantai 9, jadilah kami bertemu di tangga lantai 8,5. Tempat yang lumayan aman karena tak banyak orang suka naik/turun tangga. Hehehe…

Keenam,
refreshing ke toilet. Paling nggak, untuk cuci muka agar lebih segar. Tapi jika kantuk tak juga hilang, tidur saja di lantai area wastafel atau di dudukan toiletnya. Kebetulan toilet kantor saya sangat bersih. Jadi ini nggak masalah.

Ketujuh,
kalau kantuk benar-benar tak tertahankan, kabur saja ke mushola untuk tidur sebentar. Asal jangan sampai mengganggu orang lain yang sedang beribadah. Saya jadi ingat, pernah ketika akan sholat di mushola kantor, ada seorang Bapak yang tidur disana mendengkur dengan keras. Jadi geli sekaligus terganggu gitu.

Kedelapan,
jalan-jalan ke lantai lain, terutama jika ada pekerjaan yang berhubungan dengan personil di lantai lain. Walaupun keperluannya tidak terlalu penting, paling tidak kaki kita bisa berolahraga, begitupun mata kita. Apabila di kantor Sahabat ada anak PKL yang sering didayagunakan sebagai kurir dokumen antar lantai, sekali-sekali tak usah disuruh dulu lah. Biar kita yang gantian refreshing.

Kesembilan,
jalan-jalan ke belakang gedung kantor. Bisa ke koperasi untuk belanja, atau sekedar makan siomay. Wah, kalau komunitas kantor saya yang suka mencuri-curi waktu jam kerja untuk “nyiomay” dan “nge-juice” sih ada banyak!

Terakhir,
bisa dilakukan sebelum-selama-setelah jam istirahat makan siang, terutama pada hari Jumat, yaitu kabur ke ITC terdekat!!

Catatan:

Penulis tak bertanggung jawab atas segala efek samping akibat tips-tips diatas. Berhubung kantor saya bukanlah perusahaan swasta yang berdisiplin tinggi, jadi bisa serius tapi juga sering santai. Hehehe…

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: