Mendapatkan uang dari Blog/Web Anda



Sebelum saya mengenal cara memonetisasi web, saya selalu membenci iklan-iklan yang ada di halaman web yang saya kunjungi, karena seringkali mereka menawarkan barang-barang untuk dibeli, sedangkan kita hanya sedang mencari informasi. Baru sekitar awal tahun 2006, saya baru mengenal cara-cara mendapatkan penghasilan dari web kita, dan pandangan saya tentang iklan di web berubah 180 derajat “lebay amat ya*


Sayangnya, dulu saya tidak tahu kata kunci untuk mencari informasi yang relevan guna mencari uang dengan web/blog, saking ga ngehnya daftar Adsense aja berkali-kali ditolak. Berbeda sekali dengan sekarang, dimana sudah banyak sekali blog yang memuat informasi tersebut

Sebagai sebuah media, blog dan web yang berisi informasi bisa dijadikan penghasil uang dengan menempatkan iklan di blog/web itu. Jadi, ga harus jualan barang kita sendiri, karena tugas kita hanyalah mendatangkan pengunjung untuk melihat (dan kalau bisa ngeklik) iklan dari jaringan iklan (ad network) yang kita pasang di web kita.

Perkembangan media iklan di web/blogjuga sudah cukup mengalami banyak kemajuan dibanding dulu, jadi ga melulu berbentuk iklan baris atau banner, tapi ada juga link dan buzz media. Sebelum artikel ini bikin anda lebih bingung (baca: bosan), yuk kita lihat satu satu metode dan istilah-istilah yang bakal sering kita temui bila kita ingin menguangkan blog kita.

CPC
CPC merupakan singkatan dari Cost Per Click, yang berarti bahwa anda akan dibayar jika iklan yang anda pasang di blog anda di klik oleh pengunjung anda. Jumlah uang yang dibayarkan kepada anda untuk tiap kliknya akan bervariasi untuk tiap-tiap ad network dan keyword untuk iklan tersebut. Contoh program iklan CPC adalah Google Adsense, Text Ads-nya AdBrite, Chitika dan BidVertiser.

CPM
CPM memiliki kepanjangan Cost Per Metrics. Sering juga dikatakan sebagai iklan berbasis impresi. Iklan yang menggunakan metode ini akan membayar anda untuk memunculkan iklan mereka, dan tarifnya dihitung untuk tiap 1000 penampilan/impresi. Salah satu program iklan yang menggunakan metode ini adalah image ads-nya AdBrite.

Link Ads
Link Ads adalah program iklan yang membayar anda untuk menempatkan link ke situs lain. Program ke situs ini tidaklah terlalu merepotkan, tidak memakan tempat di web anda. Anda cukup fokus membangun blog atau situs anda serta mengoptimasinya secara SEO agar blog kita bisa memiliki PageRank yang cukup untuk diterima oleh link broker seperti Text Link Ads, Backlinks dsb. Anda juga bisa menjual link ke situs anda sendiri jika situs anda sudah cukup dikenal dan berPR tinggi.

Referral / Affiliate
Mendapatkan uang dengan sistem referral dan Affiliate bisa jadi tantangan tersendiri bagi para blogger / webmaster. Karena kita baru akan dibayar jika kita mereferensikan pelanggan untuk menggunakan jasa atau membeli produk dari sebuah perusahaan. Hal ini sedikit membutuhkan kemampuan marketing jika barang atau jasa yang anda referensikan cukup mahal.

Buzz Media / Paid Review
Program paid review merupakan program yang cukup digemari belakangan ini. Hal ini dikarenakan kemudahan dan pembayaran yang cukup cepat. Anda akan dibayar untuk membuat artikel yang merujuk kepada sebuah situs, layanan atau produk yang dijual oleh orang lain. Bahkan blog berPR 0 bisa mengikuti program paid review ini. Hanya saja, blog anda biasanya akan sepi order kecuali blog anda memiliki kelebihan dari segi yang lain seperti traffic yang tinggi atau link ke situs anda cukup populer.

Setelah membaca uraian di atas, mungkin anda akan mulai bertanya

Pilih yang mana ya?

Untuk menentukan pilihan yang tepat, kita sesuaikan saja dengan keadaan blog yang kita miliki. Semisal kita memiliki situs yang cukup banyak pengunjungnya dan sudah mencoba untuk memasang iklan berbasis CPC, tapi pengunjung tidak ada yang mau ngeklik iklan kita (biasanya terjadi pada blog yang temanya tidak spesifik), berarti lebih baik kita mengandalkan iklan CPM.
Namun jika anda sudah lama menjalankan blog anda, dan penghasilan iklan CPC dan CPM anda tidak memuaskan. Saya rasa anda harus mulai mengoptimasi web anda secara SEO sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog anda melalui paid review dan Link Ads. Kalo untuk referral, itu sangat dipengaruhi kemampuan marketing anda dan daya tarik dari produk itu sendiri.

Selamat mencoba

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: